MPM IKM PNJ

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta
Follow Me

Yuk Hemat Energi Listrik dengan cara sederhana



By  MPM PNJ     Tuesday, January 20, 2015     

Semakin berkembangnya teknologi menimbulkan berbagai masalah baru. Masalah pemanfaatan listrik menjadi sanggat penting karena listrik yang kita gunakan sehari-hari sebagian disubsidi oleh pemerintah. Dengan harga 900 KWH saat ini merupakan angka yang sangat kecil dibandingkan dengan listrik yang tidak di subsidi, oleh karena itu selayaknya kita menghemat listrik dengan baik, mempergunakannya seefektif mngkin. Ditambah saat ini pembakit listrik penghasil daya ( MW ) terbesar berasal dari PLTU dimana bahan bakar yang digunakan adalah batu bara, dan kita tahu bahwa batu bara lama kelamaan akan habis.
Secara sadar atau tidak sadar sekarang eranya smart phone, dimana smart phone ini dalam sehari mungkin harus di charge dengan sebuah alat yang biasa kita sebut charger. Kecerobohan dan kebiasaan yang mungkin kita sering lakukan adalah setelah mencharge, charger HP tidak kita lepas dari stop kontak/colokan. Ternyata dalam ilmu listrik, saat charger tidak dilepas dari stopkontak, maka arus listrik terus mengalir karena terjadi rugi-rugi besi dan rugi-rugi kumparan. Sehingga KWH terus berputar walaupun charger tidak dipakai untung mencharge  HP.
Hal yang sama terjadi pada alat elektronik lainnya yang didalamnya terdapat trafo, misal televisi, kulkas, radio, AC. Apabila tidak dipakai sebaiknya kabel di lepas dari stop kontak. Penggunaan AC juga menjadi point perhatian, karena AC bekerja untuk mencapai suhu tertentu, misal suhu di set 20 derajat, ketika mencapai suhu tersebut ac akan berhenti bekerja keras, saat bekerja keras AC akan memerlukan arus yang besar. Terkadang kita mensetnya terlalu dingin seperti 16 derajat, ini membuat AC kesulitan mencapai suhu tersebut, sehingga AC bekerja keras membuat KWH membesar. Kadang juga ketika menyalakan ac, pintu ruangan terbuka sehingga AC KWH membesar pula karena AC kesulitan mencapai suhu tertentu. Semua hal kecil ini membuat pemborosan listrik.
Penyalaan lampu pun menjadi kebiasaan buruk di era modern ini. Terkadang ketika siang dan ruangan sudah terang kita malas untuk buka jendela, dan malah menyalakan lampu. Kebanyakan orang indonesia lebih memilih lampu yang murah dan boros, sementara ada alternatif lain untuk menggunakan lampu hemat energi, seperti sekarang yang dinamakan lampu LED, lampu ini dapat menjadi alternatif untuk penghematan energi.
Banyak hal kecil yang dapat menyebabkan pemborosan energi listrik, secara sadar atau tanpa sadar kita lakukan. Mari mulai kebiasaan baik dengan menghemat listrik. Karena dari hal-hal kecil inilah penyebab dari masalah yang besar namun dari hal-hal kecil yang dilakukan perbaikanlah nantinya yang dapat mengahsilkan solusi untuk energi listrik masa depan.

Karya : Rama Hidayat
            @RamaHide

About MPM PNJ

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Kritik dan Saran MPM

Name

Email *

Message *

Translate